Masih Pada Awal Mula

Keinginan Ke Rusia

Ini lanjutan cerita Pada Awal Mula – Bukan Jesuit Biasa

Pada awal tahun 1929 Paus Pius XI menulis surat khusus kepada para seminaris untuk bergabung dengan Russian Centre yang akan segera dibuka di Roma untuk menyiapkan para klerik bertugas di Rusia. Mendengarkan pembacaan surat tersebut, terbakarlah hati Ciszek.

Begini tulisanya: “Even as Fr. Weber read the letter something within me stirred. I knew I had come to the end of a long search. I was convinced that God had at last sought me out and was telling me the answer to my long desire and the reason for all my struggles.”

Keingin tersebut disampaikan dan didiskusikan dengan pastor pembimbing, “Berkarya di Rusia”, namun tidak ada jawaban pasti dari pembimbing rohaninya. Merasa keinginannya untuk ke Rusia tidak mendapat tanggapan yang layak dari pembimbing rohani, Ciszek menulis langsung kepada Jenderal Serikat Jesus di Roma. Jawaban dari Roma tidak sekaligus membesarkan hatinya atau keinginannya dipenuhi, tapi diminta untuk meneruskan studi yang ada sambil terus berdoa tentang keinginan itu. Ketika dia mengikuti kuliah filsafat, sekali lagi dia menulis surat khusus kepada Jenderal Serikat Jesus dan berharap dapat mengikuti kuliah filsafat di Roma agar semakin dekat dengan keinginan untuk berkarya di Rusia. Jawaban yang diperoleh juga tidak memberikan kepastian kecuali agar meneruskan doanya.

Namun akhirnya sebuah panggilan bagi Ciszek untuk berangkat ke Roma menyelesaikan studi teologi, waktu itu musim panas tahun 1934. Di Roma selain menyelesaikan studi teologi, dia belajar segala macam mengenai Rusia sambil belajar bahasa Perancis dan Jerman. 24 Juni 1937 Ciszek ditahbiskan menjadi seorang Pastor Roma Katolik yang ditahbiskan dengan Ritus Bynzantium. Sekali lagi, Ciszek memang bukan seorang pastor (Jesuit) biasa.

Lupa diceritakan, pada kesempatan belajar di Russian Center itu, Ciszek tertemu dengan banyak orang dari segala bangsa. Namun dia punya ‘sahabat’ kental, yang mempunyai keinginan membara yang sama untuk pergi ke Rusia, yaitu Pater Nestrow dan Pater Makar. Mereka berdua adalah Jesuit dari Provinsi Polandia.  Dari temennya itulah, Ciszek mendengar kabar mengenai kecilnya kesempatan untuk dapat masuk Rusia saat itu. Kedua temannya itu mendapat penugasan untuk melayani umat Katolik Ritus Timur di Polandia.

Ciszek tidak menganggap kabar itu sebuah halangan yang besar. Memberanikan diri (sebuah frasa yang keliru, soalnya Walter J. Ciszek, SJ itu khan keras kepala dan tidak ada takutnya, bagaimana bisa dianggap berani) dia menghadap Pater Jenderal, Pater Ledochowski, menyampaikan keinginannya untuk berkarya di Rusia. Pater Jenderal sangat memahami keinginan itu namun juga menimbang segalanya, tidak ada kemungkinan untuk masuk langsung ke Rusia. Namun begitu sebuah misi di Albertin Polandia disodorkannya untuk Ciszek melayani umat Katolik dengan ritus timur sambil terus mempersiapkan diri dan doa agar keinginan berkarya di Rusia dapat terwujud. Pun kecewa, Ciszek sebagai seorang Jesuit sudah bisa menghayati bagaimana sebuat ‘ketaatan’ itu harus dihidupi.

Lanjut nanti cerita di Albertin, selangkah sebelum masuk Rusia.

One thought on “Masih Pada Awal Mula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *