Tentang Katamase.id

Ini blog dibuat untuk menampung cerita, pemikiran, dan atau keresahan diri. Blog menggunakan wordpress demi mudahnya dan awalnya di alamat katamase.wordpress.com. Tapi servernya menggunakan raspi yaitu modul komputer raspberry pi V3B dari raspberrypi.org. Jaringannya menggunakan Indihome yang kebetulan menyediakan IP Public.

Raspi dengan powerbank

Mengingat sering mati lampu, yang menyebabkan server lama (SD card rusak) maka sekarang ditambah powerbank sebagai UPS-nya. Dalam keterangannya powerbank jenis ini dapat memotong arus masuk (charge) ketika baterai sudah penuh harusnya akan awet meskipun terus dicolok ke listrik. Kita tunggu apakah bisa berumur setahun. Sebagai catatan penggunaan powerbank ini dilakukan pada tanggal 15 November 2021.

Selain sebagai server, raspi ditambah dengan sensor suhu dan kelembaban. Hasilnya pengukuran suhu ruangan dan suhu CPU ada di link ini: katamase.id/sensor/. Kemudian dihubungkan juga dengan seven segment, sehingga suhu ruang ditampilkan setiap 15 menit sekali.

Bagaimana penyiapan server raspi ini, nanti dituliskan di Kategori RASPI, sekedar agar punya dokumentasi sehingga bila terjadi kerusakan, semoga tidak terjadi, dapat dilakukan perbaikan dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.