Sekilas Mengenal: Walter J. Ciszek, SJ

Seorang pastor Jesuit Amerika yang selama dua puluh tiga tahun berada di Uni Sovyet, 15 tahun sebagai tahanan dan kerja paksa di Uni Sovyet. Pernah disangka sudah meninggal oleh komunitas Jesuit maupun keluarga, karena tidak ada informasi tentangnya sejak 1945, kemudian kembali ke Amerika melalui pertukaran tahanan.

(nama “walter j. ciszek” ini cukup unik sehingga mudah untuk menemukan entry-nya di internet. Silakan di googling bila pingin melihat fotonya.

Sekitar sebelas tahun yang lalu saya mengenal buku With God in Rusia, waktu itu dalam bentuk epub karena sedang seneng-senengnya pakai iPad. Jatuh hati banget sama Ciszek ini sehingga ketika beberapa tahun kemudian ada kesempatan ke Amerika di sebuah toko buku Barnes and Noble di San Fransisco saya beli buku: With God in Rusia dan He Leadeth Me. Buku With God in America saya beli tahun 2018 melalui situs online.)

Lahir: 4 November 1904 di Shenandoah, Pennsylvania, Amerika. Anak ke-7 dari 13 bersaudara dari imigran Polandia.

Tahbisan: 24 Juni 1937 di Roma
Belajar di Roma untuk mempersiapkan diri untuk misi di Rusia dan mempersembahkan misa dalam ritus Timur, ambil nama Wladimir.

Misi: Jesuit di Albertyn – Polandia Timur November 1938. Tahun 1939 Rusia menginvasi Polandia, pecah Perang Dunia II. Pindah ke kota metropolitan Lvov (wiki menulis Lviv) dan dapat restu dari uskup Lvov untuk menyeberang ke Rusia dengan dua teman Jesuit (Makar dan Nestrow) dengan nama Wladimir Lypynski pada tahun 1940.

Masuk Rusia: Menempuh perjalanan 2400 kilometer dengan kereta barang hingga Chusovoy di Pegunungan Ural. Bekerja sebagai kuli di pabrik kayu dengan tugas mengangkut log kayu dari tepi sungai dan mengatur potongan kayu.

“I worked as an unskilled laborer in a mixed brigade (men and women), hauling logs from the river and stacking them in long rows over six feet high and some thirty yards in length. It was rough work. The rows were higher than I was, so the last few logs had to be heaved into place above my head. I had no gloves and worked barehanded with the rough bark until my hands bled.” (With God in Russia, hal 53)

(Cerita perjalanan yang sulit dan pekerjaan yang berat tergambarkan banget. Ciszek mempunyai detail memori yang hebat sehingga mudah dituangkan dalam bentuk tertulis. Pembaca akan sedemikian larut seperti berhadapan dan mengikuti sendiri suasana maupun tokoh yang diceritakan.)

Pertengahan Juni 1941 ditangkap NKVD dengan tuduhan spion Vatikan dan ditahan di penjara Lubyanka di Moskow. Dipenjara dan diinterogasi selama 5 tahun di Lubyanka dan keputusan dihukum kerja paksa 15 tahun di GULAG tanpa sebuah pengadilan.

Tahun 1946 dipindahkan ke Krasnoyarsk lanjut ke Norilsk di Siberia bekerja paksa di tambang batubara.

22 April 1955 selesai menjalani kerja paksa namun tidak boleh meninggalkan kota Norilsk.

1958 mulai ditangani KGB dan harus pindah ke kota  Krasnoyarsk. Ketahuan melaksanakan misa di paroki, dipaksa untuk pindah ke Abakan.

(Cerita tentang penganiayaan yang berat baik ketika interogasi maupun dalam penjara serta beratnya bekerja di kamp kerja paksa terungkap dengan baik. Namun juga cerita tentang bagaimana orang-orang beriman berusaha mempertahankan iman dan mengikuti ritual di negeri komunis tergambar dengan baik. Bukan itu saja, bahkan kondisi masyarakat Uni Sovyet, juga dijelaskan dengan detail.)

12 Oktober 1963, dengan seorang pelajar Amerika Ciszek ditukar dengan dua agen Sovyet, dan tiba kembali di Amerika.

1964 terbit pertama kali buku With God in Russia yang ditulis bersama Daniel L. Flaherty SJ. Sebuah buku, yang menurut Ciszek sendiri: yang diharapkan pembaca. Sebuah story telling “my twenty three years as priest in Soviet prisons and Siberian labor camps“, begitu anak judul buku ini.

1973 terbit buku kedua He Leadeth Me yang juga ditulis bersama Daniel L. Flaherty SJ. Sebuah buku yang memang diinginkan ditulis oleh Ciszek, berisi 20 judul renungan terkait pengalaman di Sovyet.

2016 terbit buku dengan judul With God in America, yang berisikan kumpulan tulisan Ciszek dalam bentuk surat, ceramah, dan kesaksian orang-orang dikumpulkan dan diedit oleh John M. DeJak dan Marc Lindeijer, SJ. Anak judul buku ini: The Spiritual Legacy of an Unlikely Jesuit.

Sebuah tulisan dari Daniel L. Flaherty SJ mengenai Walter J, Ciszek, SJ dalam link berikut ini mungkin perlu dibaca: https://www.americamagazine.org/faith/2017/06/08/little-known-story-behind-father-walter-ciszeks-god-russia

(Mungkin nanti akan ada beberapa tulisan hasil bacaan saya atas buku-buku itu akan saya bagikan dalam posting yang terpisah.)

Paskah dalam physical distancing April 2020

One thought on “Sekilas Mengenal: Walter J. Ciszek, SJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *