Install wordpress on raspi

File ini di laptop tertanggal 14/07/2022

Setelah berhasil instal raspi, baca di sini maka dapatlah diteruskan untuk install wordpress di raspi. Jadi raspi kita berfungsi sebagai server untuk situs wordpress yang kita punya.

Lihat di sini:
https://projects.raspberrypi.org/en/projects/lamp-web-server-with-wordpress/

Ini petunjuk resmi dari projectnya raspberrypi. Menggunakan Apache server sehingga kalau hendak diubah menggunakan Nginx (bacanya engine-ex, bukan nging kayak suara nyamuk lho), harus ada yang dilakukan yaitu install Nginx dan remove (sekalian purge) Apache. Kenapa harus di-remove, pengalaman yang didapat makin sulit menemukan jalan keluar jika terjadi kesalahan (error). Mengikuti sepenuhnya langkah-langkah yang ada sudah pasti bisa berjalan. Dijamin.

Ada sedikit yang harus dilakukan untuk lebih memahami server Nginx, silakan baca petunjuknya di sini:

https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-install-linux-nginx-mariadb-php-lemp-stack-on-debian-10

Ada satu hal yang tidak perlu dilakukan yaitu soal firewall. Beda dengan Debian10 yang secara default sudah membuat firewall sehingga harus dikonfigurasi supaya Nginx bisa melewati firewall, sedang untuk raspi butuh diinstal firewall (apt-get install ufw) jika diinginkan untuk dipasang.

Catatan: jika selama ini sudah bisa melakukan remote terhadap raspi, maka hati-hati memasang firewall di raspi karena akan membuat remote tidak dapat dilakukan kecuali dilakukan konfigurasi. Maksudnya apabila kita selama ini meremote raspi, terus instal ufw dan me-reboot raspi maka kita akan kehilangan untuk bisa meremote. Sehingga pastikan kita konfigurasi ufw sebelum me-reboot supaya raspi tetap bisa diremote setelah dipasang firewall. Nanti akan ada tulisan tentang memasang firewall di raspi, sekarang ini googling dulu saja.

Jika sudah memahami, terutama untuk mengkonfigurasi Nginx untuk kebutuhan self hosting WordPress maka bisa dilanjut ikuti ini:

https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-install-wordpress-with-lemp-nginx-mariadb-and-php-on-debian-10

Namun jika mengikuti petunjuk itu masih gagal untuk memanggil wordpress di localhost, maka petunjuk di sini lebih lebih menjamin:

Ini dilengkapi dengan petunjuk untuk menginstall letsencrypt, perlu banget agar situs wordperss kita tidak dianggap tidak aman pada beberapa perangkat dan browser. Rugi banget sudah bikin blog terus tidak diakses gegara tidak aman.

Catatan:
Apabila masih diinginkan untuk di localhost maka beri saja nama (your_domain) dalam petunjuk itu dengan kata (wordpress atau nama situsnya) alamat lengkap nanti diisi di konfigurasi di folder /etc/nginx/sites-enabled/ di dalam folder ini akan ada file konfigurasi yang kita buat untuk situs yang hendak kita buat (misal wordpress, situsku, dll) jangan lupa konfigurasi html atau php-nya ditaruh di /var/www/(your_domain) atau /var/www/(your_domain)/html. Di mana file index.php, index.html dan sejenisnya ditaruh, harus diberitahukan di konfigurasi server Nginx.

Jangan mengulangi kesalahan dan kekesalan saya berhari-hari gegara kesalahan alamat index ditaruh di alamat yang keliru sehingga tidak dapat diakses atau hanya terbuka Nginx. Ikuti saja langkah-langkah itu tetapi berusaha untuk paham mengapa perintah itu harus dilakukan.

Segitu cukup? Jika belum, silakan berikan komentar, mungkin bisa dibantu menyelesaikan error.

Happy copy-edit-paste, ciao.

One thought on “Install wordpress on raspi

  1. Dulu waktu instal wordpress di raspi, posisi raspi ada di Yogya dan remote dari BSD. Nah sok-sokan instal firewall, akibatnya gak bisa diakses dari BSD. Terpaksalah berhenti bbrapa minggu sampai ada waktu pulang ke Yogya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *