Raspi Tingkat Lanjut

Setelah katamase.id ini bisa up lagi, maka perlulah meyakinkan diri dan merencanakan mengisi blog ini dengan lebih serius. Utamanya adalah memanfaatkan raspberry pi, jadi semua tulisan ini didasarkan atas pengalaman menggunakan raspi dan dipastikan bisa berjalan. Diusahakan juga hanya menggunakan bahasa python sebagai bahasa programmingnya. Sedangkan untuk servernya menggunakan php atau framework Flask. Kenapa begitu? Yang karena yang dicontoh pakai python dan Flask dan beberapa php. Susah tidak? Tidak, asal berani mencoba.

Mengikuti tulisan ini tentu setelah berhasil mengkonfigurasi raspi seperti yang dituliskan di posting berjudul Menyiapkan Raspi.

Santai saja, isinya jauh dari bahasa teknis, tapi pengalaman sendiri. Secara teknis mungkin keliru atau ada kekurangan. Tapi karena mengalami sendiri, maka bisa dianggap seagai cerita sambil lalu atau pengantar tidur. Setelah itu baru deh mengikuti langkah-langkahnya.

Untuk itu direncanakan menulis untuk kelanjutan tulisan ini, berikut kira-kira yang mau ditulis:

  1. Web server dengan Nginx pada raspi untuk self hosting WordPress
  2. Instal sertifikat keamanan agar situs tidak diblok oleh fitur keamanan perangkat pengguna
  3. Satu domain pada satu raspi dengan server Nginx
  4. Raspi untuk physical computing: membaca sensor, menyalakan lampu, dan menggerakkan motor
  5. Raspi untuk bikin foto atau video
  6. Membuat lampu berjoget mengikuti lagu
  7. Bot twitter dengan Raspi
  8. Sensor raspi menangkap gerakan, mengambil foto, terus ditwitkan.
  9. Raspi dengan SSD (256GB)
  10. dan lain-lain

Tulisan ini akan diedit untuk menuju posting yang sudah dibuat. Jadi tidak perlu berpindah-pindah, tetap perhatikan posting ini ya.

Banyak yang hendak dituliskan, yang masih di kepala masih banyak lagi. Intinya hanya ingin berbagi pengalaman yang semoga saja menginspirasi pembaca untuk berani mencoba.

Pinginnya nanti dituliskan langkah per langkahnya sehingga akan memudahkan yang mengikuti. Banyak situs baik yang berbahasa Indonesia maupun lebih banyak lagi menggunakan bahasa Inggris, yang menuliskan hal yang sama. Satu kekurangannya (atau kelebihannya) situs-situs itu dimuati banyak iklan. Artinya situs seperti itu laku. Kekurangan yang lain kadang isinya hanya copy paste dari situs yang lain, yang diyakini bahkan pemilik blog itu tidak mengerjakan apa yang ditulisnya itu.

Mengapa mau menuliskan ini semua? Karena berbagi adalah cara dunia memelihara kebaikan hidup bersama. Bukan apa, ini semua juga didapat di internet dengan gratis.

Tidak berpanjang kata, kita mulai dan semoga ada semangat untuk mengerjakan ini terus hingga tuntas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.