Raspi Mati Dua Belas Jam

Kemarin, 17 Februari 2022, situs katamase.id ini tidak bisa diakses dari pukul 10:00 hingga pukul 22:00. Kematiannya sendiri baru disadari sore hari, ketika memperhatikan seven segment yang digunakan untuk menampilkan suhu ruangan tampil dengan sepenuhnya angka 8. Otak-atik sedikit, cabut kabel VCC dan pasang lagi. Selama ini jika seven segment menampilkan yang tidak seharusnya tampil maka mencabut kabel VCC (yang paling atas posisinya) pasti beres. Kemarin tidak.

Tentu dilakukan ping ke ip raspi, unreachable. Ketika mencoba akses katamase.id, betul mati. Cek pertama adalah lihat di dashboard ip-dynamic.com, ternyata tidak terimplementasi IP Private, jadi bukan di situ masalahnya. Berikutnya yang dicoba adalah mematikan power, cabut kabel power dari powerbank, dan menyalakan kembali setelah beberapa saat. Tetap mati. Panik.

Menurangi kepanikan, mematikan raspi dan sdcard dipasang di mesin yang lain, terhubung dengan televisi sebagai layar melalui hdmi. Alhamdullilah nyala. Hilang panik. Terbayang tidak perlu bikin semua dari nol lagi. Kepikir: bikin backup sdcard tersebut.

Tampilan di layar televisi – sehat

Yawis cari sdcard dengan volume yang sama, tapi tidak jadi backup karena tidak punya usb card reader (harus dua buah) mengingat pada laptop tidak tersedia slot untuk sdcard. Menjadi peer, cari usb card reader. Kemudian sekalian dalam keadaan mati, bersihkan debu yang mengumpul karena kipas angin dan menata kabel sekalian. Masukin sdcard dan nyalakan raspi. Tunggu sebentar: ping sukses. Tunggu agak lama katamase.id hidup lagi.

Solved tapi belum tahu penyebab mati sehingga secara risk management belum melakukan risk mitigation yang cukup, baru work around solution. Ceilah.

(selama sdcard dipakai di raspi Pi 400, katamase.id bisa diakses kira-kira pukul 19:00 – 21:30)

Begitulah catatannya.

2 thoughts on “Raspi Mati Dua Belas Jam

    1. Tahun 2015, waktu pertama ngulik-ulik raspi ini, juga mumet. Apalagi dulu raspinya belum seperti sekarang. Tapi karena niatnya juga belajar bahasa Python, akhirnya lumayanlah proyek2 yang aku buat dengan raspi ini. Enaknya, tinggal gugling, copy paste edit, jadi deh jalan. Seneng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *