Kelir-U Mati

Pas Rabu pagi, 1 Juli 2020 kemarin ini katamase.id down, mati, tak bisa diakses. Servernya sendiri tetap nyala, tapi bahkan di-ping gak muncul. Sudah banyak pikiran, mungkin rusak sd card-nya. Barang yang kecil itu tentu mudah rusak. Mungkin kepanasan. Tapi dari monitoringnya paling banter sampai 61 celsius, masih jauh dari ambang atasnya 80 celcius.

Baca-baca, terus dapat clue: mount NTFS. Ada SSD dari laptop, lumayan 256GB yang sayang tidak termanfaatkan karena akhirnya semua backup data dilempar ke cloud berbayar. Sudah dalam bentuk hard disk eksternal, tinggal colok ke USB. Nah kemarin coba-coba SSD itu colok ke raspi. Ini soalnya.

Tidak seperti windows, yang kalau ada yang perlu ditambahkan tinggal colok ke USB nanti kebaca. Model linux tidak begitu. Setelah colok ya mesti di-mount agar kebaca. Proses mount agak tricky. Meskipun sudah baca petunjuknya, sepertinya ada keliru dalam menuliskannya. Menjadikan itu sumber masalah. Meski sudah beberapa lama itu otak-atik mount NTFS, tapi baru bermasalah kemarin ketika dilakukan reboot. Lupa kenapa harus reboot. Nah waktu boot, gagal untuk masuk lagi.

Koreksinya sederhana sebetulnya, beneran mudah. Ambil SD card, baca di laptop, buka file cmdline.txt dan tambahkan init=/bin/sh. Pasang lagi. Semudah itu penjelasannya. Tapi yang terjadi, karena kurang jeli membaca layar tipi yang dijadikan monitor, tanda # tidak sungguh nyata terlihat sebagai #. Butuh dua hari cari-cari, dan kayaknya karena bangun tidur, seger, eh terlihat. Tanda # artinya ya sudah bisa login. Login, ya diselesaikan itu yang bikin terganggu. Selesai.

Pelajaran berharga dalam otak-atik raspi atau linux, jika lancar-lancar saja maka tidak banyak pelajaran yang diperoleh. Tapi ketika ketemu masalah, nah itu dia. Puyeng tapi menyenangkan jika bisa mengatasi masalah.

Pagi ini katamase.id up kembali. ciao

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *